Desain Interior Ruang Baca Perumahan Di Jogja

Akhir-akhir ini, kebutuhan akan adanya ruang baca pada sebuah keluarga merupakan suatu hal yang dianggap penting. Koleksi berbagai macam buku, majalah, komik, maupun novel mau tidak mau harus mempunyai suatu ruangan khusus dalam menyimpannya. Koleksi buku-buku yang berserakan, tidak rapi membuat suasana ruang menjadi semakin sempit dan terkesan kurang rapi. Bayangkan jika suatu saat kita ingin membaca kembali koleksi buku kita tetapi kita lupa meletakkannya dimana, mau tidak mau kita harus membongkar dan mencari-cari dimana buku tersebut. Hal tersebut akan dapat diatasi jika kita menyimpan koleksi buku kita pada tempat yang semestinya, misal pada rak buku atau bahkan pada suatu ruang khusus, yaitu ruang baca.

Ruang baca pun dapat kita modifikasi menjadi suatu ruang belajar, atau bahkan ruang diskusi antara anggota keluarga. Fungsi ruang baca pun akhirnya berubah fungsi menjadi suatu ruang komunal bagi anggota keluarga. Hal tersebut yang menjadikan klien kami mencoba menambahkan suatu ruang pada rumahnya untuk disulap menjadi suatu ruang baca yang multifungsi. Banyaknya koleksi buku pribadi beliau mau tidak mau harus ditata rapi sehingga koleksi buku tersebut akan bertahan lebih lama dan mudah dicari jika beliau hendak membacanya.

Klien kami ini bernama Ibu Nari, seorang Pegawai Negeri Sipil yang mempunyai 2 orang anak yang kedua anaknya pun mempunyai hobbi membaca buku. Waktu pertama tim Desain Arsitek Jogja dihubungi melalui telepon, beliau meminta kami untuk segera mensurvey lokasi tempat dimana akan didesain sebuah ruang baca multifungsi tersebut. Setelah panjang lebar berdiskusi dengan beliau, tim Desain Arsitek Jogja pun segera mensurvey dan mengumpulkan data-data eksisting di rumah beliau. Sewaktu kami mensurvey di ruah beliau, beliau juga menjelaskan mengenai keinginan beliau tentang ruang baca yang akan kami desain ini. Beliau menjelaskan bahwa ruang baca yang akan kami desain ini hendaknya terdapat sebuah rak buku dan meja diskusi/ belajar.

Ruang baca yang akan kami desain ini ternyata terletak di lantai 2 dan berdekatan langsung dengan kamar kedua putranya. Berdekatan langsung dengan kamar mandi dan teras lantai 2. Kondisi eksisting untuk ruang baca ini dulunya adalah ruang keluarga yang berfungsi juga sebagai tempat penyimpanan buku. Berikut foto-foto kondisi eksisting pada rumah beliau :

Setelah tim Desain Arsitek Jogja bertapa selama beberapa hari, akhirnya desain awalpun jadi. Dengan beberapa masukan dari klien dan ide-ide dari tim Desain Arsitek Jogja, maka inilah penampakan dari hasil bertapa tersebut :

Pada area batas kamar anak, kami desain dengan rak-rak buku yang menjulang sampai plafond dengan pertimbangan memaksimalkan rak dikarenakan kemungkinan besar koleksi buku beliau akan terus bertambah. Rak buku kami desain dengan bentuk sederhana dan kami menambahkan beberapa rak yang tertutup kaca dengan pertimbangan buku yang berada didalamnya akan semakin terlindungi.

Sedangkan area bawah rak disamping kiri kamar, kami desainkan sebuah cabinet yang berfungsi untuk menaruh televisi (tv cabinet) karena memang pada eksisting terdapat sebuah televisi yang beliau letakkan di atas meja seadanya.

Pada area yang berdekatan dengan teras, kami desainkan sebuah meja yang berfungsi sebagai meja baca, meja belajar, maupun meja diskusi. Dekat meja, kami desainkan sebuah backdrop yang kami modif dengan rak-rak ambalan untuk menaruh barang-barang koleksi beliau.

Demikian postingan tim Desain Arsitek Jogja kali ini, semoga postingan kami ini selalu bermanfaat, menginspirasi dan memberi ide-ide baru untuk Anda semua. Terimakasih. Salam.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *