Desain Interior Toko Bakpia Mutiara Jogja

Pada awal tahun 2015 lalu, tim kami Desain Arsitek Jogja dihubungi oleh pemilik toko Bakpia Mutiara, yaitu Bapak Yudi untuk mendesain ulang tokonya yang berada di Jalan Manisrenggo, Prambanan, Jogja. Bakpia Mutiara ini adalah salah satu usaha bakpia dengan banyak gerai yang tersebar di Jogja dan salah satu gerainya dipercayakan kepada kami untuk didesain ulang.

Ukuran ruang gerai toko Bakpia Mutiara yang akan kami desain ulang ini adalah 6,3 x 5,4 m. Sisi utara ruang digunakan untuk meja kasir, sedang sisi-sisi lainnya digunakan sebagai area untuk display produknya. Klien kami tersebut mengingingkan sebuah desain baru yang fresh dan mampu membuat ruang yang sempit menjadi terkesan luas / lebar.

Berikut adalah kondisi eksisting gerai toko Bakpia Mutiara yang berada di Jalan Manisrenggo, Prambanan, Jogja sebelum kami desain :

Eksisting Bakpia Mutiara Jogja 01

Eksisting Bakpia Mutiara Jogja 02

Eksisting Bakpia Mutiara Jogja 03

Eksisting Bakpia Mutiara Jogja 04

Setelah kami melakukan survey lokasi, kami pun mulai mendesain sesuai dengan keinginan klien, yaitu membuat area yang sempit menjadi terkesan luas / lebar. Ada beberapa solusi dari kami perihal konsep ruang yang sempit agar kelihatan luas / lebar. Yang pertama adalah layout furniture itu sendiri. Layout furniture kami desain sesuai dengan layout aslinya dan kami menyarankan untuk mengubah bentuk dan warna dari furniture yang lama. Bentuk furniture kami sederhanakan menjadi minimalis dan kami memilihkan warna yang cerah agar kesan ruang menjadi semakin luas.

Yang kedua adalah dengan menambahkan unsur cermin dan kaca. Cermin ini dapat membantu ruang yang sempit menjadi terkesan luas. Cermin ini kami layout di sisi dinding dan sebagian di kolom gerai Bakpia Mutiara ini. Untuk kacanya sendiri, kami masukkan ke dalam desain rak pajang yang berada di area yang menghadap luar sehingga terkesan ringan dan dapat membuat kesan ruang menjadi luas. Kami juga menyarankan untuk mengubah warna cat dari plafond eksisting menjadi warna merah sesuai logo dari Bakpia Mutiara ini agar kesan ruangan menjadi satu dengan konsep dari tim kami.

Dan berikut adalah hasil desain dari tim Desain Arsitek Jogja untuk gerai toko Bakpia Mutiara di Jalan Manisrenggo, Prambanan, Jogja :

Desain Interior Bakpia Mutiara Jogja 01

Desain Interior Bakpia Mutiara Jogja 02

Desain Interior Bakpia Mutiara Jogja 04

Desain Interior Bakpia Mutiara Jogja 06

Untuk bahan furniture rak dari gerai toko Bakpia Mutiara ini kami menggunakan bahan multipleks dan finishing luar dengan HPL. Rak tengah dan meja kasir juga menggunakan bahan multipleks dan HPL dengan kombinasi stainless. Untuk desain pada cermin dinding dan kaca rak depan, kami grafir dengan logo Bakpia Mutiara.

Demikian postingan dari tim Desain Arsitek Jogja mengenai desain interior untuk gerai toko Bakpia Mutiara Jogja, semoga dapat menjadi inspirasi anda dalam mendesain ruang usaha Anda.

Salam.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *