Konsep Desain Arsitek Pos Satpam Minimalis Jogja

Setiap orang pasti tahu tentang pos jaga (pos Satpam), karena di setiap daerah di Indonesia terdapat pos jaga (pos Satpam). Pos jaga (pos Satpam) berawal dari pos-pos penjaga, di zaman kolonial belanda, karena itu pos jaga berpungsi sebagai perpanjangan dari menara-menara dari kekuasaan kolonial untuk mengekang gerak gerik bumi. Fungsinya lebih mirip pos pengawasan terhadap pri bumi yang melewati daerah tertentu. Hal serupa juga terjadi ketika jepang bar kuasa di Indonesia.

Tapi sejak era kemerdekaan bekas pos-pos penjagaan belanda atau jepang di ambil alih oleh pri bumi, pengambil alihan itu disertai dengan perubahan fungsi. Bila pada era sebelumnya penguasa kolonial yang mengawasi pri bumi, maka sejak era kemerdekaan orang belanda atau jepang yang di awasi.

Pos jaga (pos Satpam) mengalami perubahan fungsi lagi di era presiden Suharto berkuasa. Pos jaga lagi-lagi menjadi perpanjangan tangan kekuasaan. Keadaan pos jaga mengukuhkan untuk militerisme dalam kemasan yang lebih sederhana dan merakyat. Suharto menerapkan pertahanan semesta yang berfungsi sebagai pendukung legi timasi kekuasaan dengan dali sistem kekuasaan.

Berikut ini kami berikan contoh konsep desain pos satpam minimalis.

desain pos satpam minimalis 1 desain pos satpam minimalis 2

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *