Mengenal Credenza, Lemari Mungil yang Cantik dan Multifungsi

Asal nama credenza ini sebenarnya berasal dari Italia yang berarti kepercayaan. Pada abad ke-16 tindakan credenza adalah suatu tindakan dalam mencicipi makanan dan minuman oleh seorang budak untuk tuan atau orang penting lainnya (seperti paus atau kardinal) untuk menguji apakah makanan terdapat racun tau tidak. Nama credenza ini kemudian digunakan untuk nama furniture.

Credenza adalah sebuah bufet (lemari) di ruang makan, terutama Dimana satu lemari sentral diapit oleh lemari display kaca, dan biasanya terbuat dari kayu dipoles dan dihiasi dengan tatakan. Kadang juga terbuat dari marmer, atau batu liquid dan tahan panas dekoratif lain. Istilah Credenza menjadi sangat populer di AS selama paruh kedua abad ke-19.

Mengenal-Credenza-2

Di zaman modern, credenza lebih sering disebut sebagai furniture jenis bufet (lemari) yang digunakan di rumah atau restoran. Di ruang makan, itu biasanya terbuat dari kayu dan digunakan sebagai platform untuk melayani makanan prasmanan. Di dapur restoran, terbuat dari stainless steel, ini menyediakan permukaan sisi dan penyimpanan lemari.

Lalu sebenarnya apa itu credenza jika diaplikasikan ke dalam rumah / hunian? Banyak orang yang menyebutnya dengan lemari tv, namun lebih tepatnya adalah bentuk dari furniture setengah lemari seperti meja console yang dapat ditempatkan dimana saja sesuai dengan fungsi ruangan. Selain itu credenza dapat menjadi furniture pelengkap pada ruang makan. Ia juga dapat menjadi pembatas antara ruangan dengan dihias oleh aksesories interior di atasnya . Fungsinya sangat bervariasi tergantung penempatannya dalam ruangan . Biasanya credenza terdiri dari laci-laci kecil atau pintu-pintu .

Credenza juga bisa digunakan sebagai lemari tv, yang biasa disebut dengan credenza tv, apa gunanya?? yaitu, sebagai tempat untuk menaruh tv, home teater, dvd, serta peralatan tv lainnya menjadi satu, tujuannya, agar ruangan tersebut lebih rapih dan bersih, sehingga tidak ada lagi kaset-kaset atau peralatan tv lainnya yang berantakan.

Mahalkah harga credenza?? tergantung, kalau ingin credenza dengan biaya yang murah, anda bisa pergi ke mall atau swalayan terdekat, biasanya disana dipajang berbagai macam furniture fabrikasi, salah satunya credenza, anda tinggal memilih credenza seperti apa yang anda inginkan. Untuk harga relatif, namun biasanya lebih murah.

Mengenal-Credenza-3

Sedangkan credenza yang custom (made by order), biasanya sebelum dibuat, desainernya / perusahaan interiornya akan datang ke lokasi dan mengukur terlebih dahulu ruangannya, jadi ukuran credenzanya akan sesuai dengan ukuran ruangannya. Bisa juga lebih kecil atau lebih besar, tergantung dari owner / yang punya rumah. Setelah melakukan pengukuran, biasanya akan dibuatkan contoh desain credenza yang akan dibuat nantinya, jika sudah cocok maka, bisa langsung dibikin, kalau tidak cocok bisa minta dibuatkan desain yang baru.

Bedanya lagi, ketahanan produk credenza itu sendiri berbeda, credenza yang beli langsung jadi (fabrikasi) biasanya tidak tahan lama, paling lama sekitar 2 tahuan, dan biasanya material bahannya terbuat dari MDF maupun partikel yang jelas bahan ini tidak tahan dengan lembab. Sedangkan credenza yang custom (made by order) rata-rata sekitar 5 tahun lebih, biasanya terbuat dari bahan multipleks maupun blockboard dan finishing HPL maupun duco. Ketahanan credenza ini juga tergantung dari penggunaan dan kondisi lingkungan disekitar ruangannya juga. (dari berbagai sumber)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *