Mengenal Tokoh : Norman Foster

Norman Robert Foster (lahir 1 Juni 1935) adalah seorang arsitek kelahiran Inggris, dia mendirikan Foster + Partner, sebuah studio desain internasional yang  terkenal dengan arsitekturnya yang berteknologi tinggi.

Dia adalah salah satu arsitek paling produktif di Inggris. Pada tahun 1999 beliau diberi Pritzker Architecture Prize, yang sering disebut sebagai hadiah Nobel Arsitektur. Pada tahun 2009 Foster meraih Prince Of Asturias Award dalam kategori seni. Sedang pada tahun 1994 dia menerima Medali Emas AIA.

Foster lahir dari pasangan Robert Foster dan Lilian Smith pada tahun 1935 di Reddish. Segera setelah kelahirannya, mereka Pindah di Levenshulme, Manchester.

Manchester adalah ‘salah satu lokakarya dunia’ dan ‘perwujudan sebuah kota besar’. Ayahnya, Robert, bekerja di Metropolitan-Vickers di Trafford Park yang memicu minat Foster di bidang teknik dan desain. Ia terpesona dengan teknik dan proses perancangan.

Ayah Foster meyakinkannya untuk mengambil ujian masuk untuk skema trainee Balai Kota Manchester. Setelah lulus pada tahun 1951 dia mengambil pekerjaan sebagai junior kantor di Departemen Bendahara. Seorang rekan, Mr Cobb belajar arsitektur dan menyebabkan Foster berkarir di arsitektur. Setelah bekerja di kantor Manchester City Bendahara Foster selesai National Service-Nya pada tahun 1953 bertugas di Royal Air Force, terinspirasi oleh kesukaannya pada dunia pesawat.

Foster mengambil pekerjaan sebagai asisten manajer kontrak dengan John Bearshaw dan Partners, sebuah studio arsitektur lokal. Bearshaw sangat terkesan dengan gambarnya dan mempromosikan Foster muda untuk departemen gambar praktek.

Pada tahun 1956 Foster mendaftar di University of Manchester Sekolah Arsitektur dan Perencanaan Kota. Foster tidak memenuhi syarat untuk beasiswa sehingga dia mengambil sejumlah pekerjaan paruh waktu untuk membiayai studinya tersebut. Dia bekerja sampingan menjadi salesman es krim, penjaga klub malam, dan bekerja di sebuah toko roti untuk membuat crumpets. Foster mengambil minat desain dalam karya-karya Frank Lloyd Wright, Ludwig Mies van der Rohe, Le Corbusier dan Oscar Niemeyer dan ia akhirnya lulus dari Manchester pada tahun 1961.

Mengenal-Tokoh-Norman-Foster-2

Foster pernah memenangkan Henry Fellowship ke Yale School of Architecture, dimana dia bertemu mitra bisnis masa depan Richard Rogers dan gelar Master-Nya diterima. Vincent Scully menyarankan Foster dan Rogers untuk melakukan perjalanan di Amerika selama satu tahun.  Setelah kembali ke Inggris pada 1963, dia membuat sebuah praktek arsitektur sebagai Tim 4 bersama Rogers, Georgie dan Wendy Cheesman. Tim 4 ini cepat mendapatkan reputasi untuk desain industri berteknologi tinggi.

Setelah Tim 4 berpisah,  Foster mendirikan Foster Associates, yang kemudian Menjadi Foster and Partners di tahun 1967. Suatu periode panjang kerja sama dengan arsitek Amerika Richard Buckminster Fuller dimulai tahun 1968 dan dilanjutkan sampai kematian Fuller pada tahun 1983. Mereka bekerja sama dan menjadi beberapa katalis proyek dalam pengembangan pendekatan yang peka terhadap lingkungan desain, termasuk proyek Samuel Beckett Theatre.

Foster kemudian meraih reputasi dalam merancang gedung perkantoran. Pada 1980-an dia mendesain Gedung HSBC di Hong Kong untuk HSBC. Bangunan ini ditandai dengan tingkat tinggi IMS transparansi cahaya, karena semua 3500 pekerja memiliki pemandangan ke arah Victoria Peak atau Victoria Harbour.

Foster terkenal dengan desainnya yang canggih dan teknologi tinggi. Gayanya telah berkembang menjadi modernitas. Pada tahun 2004, Foster merancang jembatan tertinggi di dunia, yaitu Millau Viaduct di Perancis Selatan, Walikota Millau Jacques Godfrain mengatakan ” Norman Foster, Arsitek, yang memberi kami model seni.”

Pada bulan Januari 2007, Sunday Times melaporkan mengenai pembelian untuk Foster + Partners. Foster tidak berniat untuk pensiun, tetapi menjual 80-90% saham kepemilikan di perusahaan senilai £ 300M sampai £ 500 juta.

Pada tahun 2007, dia bekerjasama dengan Philippe Starck dan Sir Richard Branson dari Virgin Group untuk rencana pembangunan Virgin Galactic.

sumber : dari berbagai sumber.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *