Mengenal Walk-In Closet, Si Gudang Pribadi Dalam Rumah

Walk-in closet, sebuah nama yang mungkin masih terasa asing ditelinga orang awam. Mungkin dari kita juga masih agak bingung mengenai istilah ini. Lalu apa sih sebenarnya walkin closet ini? Walk-in closet adalah sejenis ruang ganti pakaian. Walk-in closet mulai dikenal pada era desain modern. Dahulu , kebanyakan rumah hanya menggunakan lemari pakaian (wardrobe ) saja untuk menaruh barang-barang seperti baju, celana, baju kerja dan kebutuhan lainnya.

Sebutan walk-in closet kini semakin marak, ruangan ini merupakan ruang penyimpanan pakaian, tas, sepatu, dan lainnya. Berbeda dengan lemari atau wardrobe, walk-in closet adalah tempat penyimpanan barang-barang pribadi sesuai dengan karakteristik barang. Sehingga dapat terkoordinasi dengan baik, sehingga mudah pada saat menyimpan dan mencarinya.

Walk-in closet ini juga berfungsi untuk memudahkan pemilik rumah berganti pakaian dalam privasi yang lebih terjamin. Dengan adanya ruang ganti pakaian, anda akan lebih mudah memilih pakaian tanpa harus beranjak ke luar ruangan. Kenapa kita butuh ruang ganti pakaian ? Asalannya adalah, hampir semua orang memerlukan waktu untuk berdandan, terutama wanita. Oleh sebab itu, kita perlu memadukan jenis pakaian, sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut demi menghasilkan penampilan yang pas.

Walk-in closet ini biasanya dibuat berdasarkan pesanan (customized). Walk-in closet bukan hanya bisa dimilik orang dewasa, tetapi bisa juga digunakan untuk anak-anak dan remaja. Tentunya ukuran yang dibuat juga memperhatikan kebutuhan, keamanan, dan kenyamanan pemakainya.

Walkin Closet 7

Untuk memberikan ruang yang bersih, walk-in closet biasanya menggunakan pintu yang tertutup agar terlindung dari kotoran dan debu. Bila ada bagian penyimpanan yang akan di-expose maka tidak ada salahnya pintu diberi kaca atau terbuka. Lemari walk-in closet ini bisa ditambahkan tata cahaya dan pintu dorong atau lipat dari kaca.

Sebagai tempat penyimpanan dalam satu area, anda bisa menyimpan aneka pakaian dan perlengkapannya dalam satu ruang di area walk-in closet ini, sehingga memudahkan anda saat berganti pakaian. Anda juga bisa menyimpan aksesoris lainnya seperti tas, koper,beddings, dasi, kaos kaki, handuk, sandal, sepatu, boneka, dan lainnya.

Lalu dimana letak area walk-in closet ini yang ideal? Untuk peletakannya dalam rumah, biasannya ada dua pilihan. Pertama, anda bisa meletakkannya di kamar tidur. Kedua, anda bisa meletakkannya diantara kamar mandi dan kamar tidur.

Wak-in closet ini memang menawarkan berbagai fungsi dalam rumah anda. Anda tidak ingin kan ruang tidur pribadi anda menjadi penuh dan sempit gara-gara adanya lemari pakaian? Mungkin solusi paling cerdas adalah dengan membuat area walk-in closet ini di rumah anda.

Sumber: dari berbagai sumber.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *