Mengenal Wardrobe, Lemari Penyimpan Baju Anda

Apa jadinya jika baju dan celana yang anda gunakan sehari-hari hanya tergeletak begitu saja? Cepat kotor dan kurang rapi tentunya. Untuk itulah kita perlu sebuah wadah untuk menyimpan baju dan celana anda tersebut. Yup, wardrobe adalah sebutan lain dari lemari pakaian, suatu wadah tempat kita menyimpan baju, celana, maupun barang-barang pribadi lainnya.
Saat ini kegunaan dari wardrobe atau lemari pakaian ini bukan hanya sebagai tempat penyimpanan saja tetapi bisa juga digunakan untuk penunjang penampilan dari interior. Dengan desain yang tepat dan unik sebuah wardrobe atau lemari pakaian bisa menjadi pemanis untuk mempercantik tampilan interior rumah anda tentunya.

Ada beberapa jenis wardrobe ini, pada umumnya dibagi menjadi 3 macam, diantaranya adalah:

1. Built-in Wardrobe
Biasanya wardrobe jenis ini sudah direncanakan sebelum pembangunan rumah dilaksanakan. Mengapa? Sebab almari jenis ini merupakan bagian dari struktur rumah. Dinding pada rumah didesain sedemikian rupa sehingga membentuk suatu ruang yang nantinya dipadukan dengan kayu atau multipleks untuk menutup ruang dalam dinding tersebut.

Wardrobe 1

Kelebihan Built-in wardrobe adalah lebih rapi dan terkesan menyatu dengan ruang, karena untuk hasil akhirnya adalah rata dengan dinding ruangan. Sedangkan kekurangan built-in wardrobe ini adalah tidak bisa dipindah-pindah (kurang fleksibel), karena memang ukurannya menyesuaikan bidang dinding yang sudah didesain dari awal.

2. Freestanding Wardrobe
Wardrobe atau lemari pakaian jenis ini adalah salah satu lemari fleksibel, maksudnya adalah lemari pakaian yang bisa dipindah-pindah dari ruangan satu ke ruangan lainnya.

Wardrobe 2

Kelebihan lemari jenis ini adalah kita bisa mengubah posisi dari interior suatu ruangan menjadi posisi yang kita inginkan sampai menemukan posisi yang pas dengan selera kita. Dan lemari jenis ini bisa kita gunakan pada ruangan yang lain jika kita ingin mengganti lemari lama kita.

3. Walk-in Closet
Wardrobe jenis walk-in closet ini berada pada ruang khusus dimana isi dari ruangan tersebut adalah kumpulan dari lemari-lemari yang dijadikan satu dalam suatu ruangan, lemari ini biasa dibuat tanpa pintu karena menggunakan pintu ruangan sebagai tempat masuknya juga cukup membutuhkan ruangan yang besar. Ruangan area walk-in closet juga bisa anda tutup dengan pintu juga.

Walkin Closet 8

Untuk perletakan lemari pakaian jenis walk-in closet ini dalam rumah, biasannya ada dua pilihan. Pertama, anda bisa meletakkannya di kamar tidur. Kedua, anda bisa meletakkannya diantara kamar mandi dan kamar tidur.

Untuk ukuran Wardrobe sendiri bisa bermacam-macam, standard umum dari sebuah wardrobe adalah tinggi = 240 cm dan kedalaman = 60 cm, untuk lebar bisa menyesuaikan kebutuhan dan ukuran ruangan. Ukuran yang terbaik adalah yang disesuaikan dengan bentuk dan luas ruangan dalam rumah anda.

Sumber : dari berbagai sumber.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *