Referensi Desain : Desain Bangunan dengan Konsep Pohon Tumbuh Karya Hamada Design Studio

Bangunan yang dominan dari kaca + kayu ini terletak di kota Koga, di salah satu jalan raya utama Jepang yang menghubungkan kota Kyoto dan Nagoya. Hamada Design Studio diminta kliennya untuk membuat struktur bangunan yang akan menarik perhatian bagi kendaraan yang melintas dijalan tersebut.

Bangunan ini terdiri dari 2 lantai, area salon kecantikan berada di lantai dasar bangunan, dan lantai atasnya digunakan sebagai kantor pemilik perusahaan. Entrance bangunan yang mengkilap yang dibalut warna cedar merah, didesain keluar dari fasade bangunan ke pintu masuk di lantai dasar sehingga membentuk balkon di lantai pertama.

Void segi empat di deck kayu memproyeksikan bangunan salon kecantikan de este dan gedung perkantoran di Osaka ini yang didesain dengan konsep pohon yang tumbuh dari tempat tidur di lantai dasar.

Pohon-Tumbuh-Melalui-Void-Bangunan-Karya-Hamada-Design-Studio-2

Pohon-Tumbuh-Melalui-Void-Bangunan-Karya-Hamada-Design-Studio-3

Pohon-Tumbuh-Melalui-Void-Bangunan-Karya-Hamada-Design-Studio-4

Bukaan dalam deck ini menciptakan ruang untuk pohon sehingga dapat tumbuh dari tingkat lantai pertama dan tampak dari atap. Kesan hangat dan bersih dari cladding cedar menambah warna dan tekstur untuk platform luar lantai dasar, balkon lantai pertama, dan atap.

Penggunanan dominan material kaca itu membungkus sampai lantai dua dan memberikan pemandangan luas pegunungan ke selatan. Tirai putih tipis dapat ditarik untuk menciptakan privasi jika diperlukan. Lantai dan langit-langit (plafond) yang terbuat dari kayu berlanjut ke bawah dari deck dan balkon. Penggunaan cedar cladding dan hasil tanam dalam tema alam, ditingkatkan dengan dinding yang ditutupi tanaman dalam ruang kantor.

Hal yang sama digunakan untuk balkon decking meliputi permukaan atap, yang memiliki tiga tempat tidur ditutupi dengan rumput dan ditanami pohon kecil membuat koneksi visual bidang dan alam pegunungan.

sumber : dezeen.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *