Tips Memilih Keramik Untuk Mempercantik Interior Rumah

Keramik pada awalnya berasal dari bahasa Yunani keramikos yang artinya suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran. Cakupan keramik adalah luas, yaitu untuk semua benda yang terbuat dari tanah liat (lempung), yang mengalami proses panas / pembakaran sehingga mengeras. Pada kesempatan kali ini, tim Desain Arsitek Jogja akan membahas mengenai tips memilih keramik untuk mempercantik rumah anda.

Sering kita dengar di lapangan sebutan keramik KW 1, KW 2, KW 3 dan KW 4. Hal itu menunjukkan tingkat kualitas keramik. Keramik KW 1 berarti keramik yang bagus. Sedangkan untuk Keramik KW 2 sampai KW 4 adalah keramik yang kuaitasnya terus menurun.

Tips Memilih Keramik Untuk Mempercantik Interior Rumah adalah sebagai berikut :

1. Pilihlah Keramik Yang Sesuai Dengan Anggaran dan Kebutuhan
Banyaknya varian harga dan model keramik yang dijual dipasaran membuat anda harus jeli dalam memilih keramik. Apakah anda ingin memilih keramik murah/ termurah namun berkualitas tinggi ataukah ingin membeli keramik mahal yang sesuai dengan keinginan anda.

2. Pilih Keramik Yang Memiliki Ukuran & Tonality Yang Dama Untuk Satu Ruangan
Tips memilih keramik yang kedua ini sangatlah penting untuk anda lakukan agar mendapatkan desain ruangan yang manis dan indah dilihat mata. Sesuaikan warna dan juga ukuran keramik yang anda gunakan pada satu ruangan tertentu, entah itu pada dapur, kamar mandi, maupun ruang keluarga.

3. Layanan Garansi atau Purna Jual
Hal ini juga perlu anda perhatikan untuk antisipasi jika kita mendapatkan barang cacat. Tanyakan kepada penjual yang ada toko apakah keramik yang ingin anda beli memiliki layanan purna jual / garansi.

4. Warna dan Ukuran
Anda harus pintar menyesuaikan ukuran keramik lantai dengan ruangan rumah, perlu anda ketahui, semakin besar ukuran sebuah keramik pada ruangan, akan membuat tampilan ruangan tersebut menjadi lebih luas.
Tak ketinggalan juga untuk seleksi warna, jika ruangan anda kurang sinar matahari yang masuk, pilihan warna terang menjadi alternatif terbaik, begitu juga sebaliknya. Tips memilih keramik yang ketiga ini perlu anda terapkan pada semua ruangan rumah, entah itu dapur, kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, dan juga ruang keluarga agar memperoleh hasil yang maksimal sesuai keinginan.

5. Pemilihan Permukaan Lantai
Perlu anda ketahui, Glasur pada lantai keramik memiliki beberapa model dan jenis, seperti glossy (mengkilap), satin, matte atau bertekstur. Hal inlah yang membedakan licin tidaknya lantai keramik. Jika pada kamar mandi dan dapur misalnya, sebisa mungkin pilihlan keramik yang memiliki tekstrur yang tidak rata agar tidak licin saat anda gunakan untuk aktifitas.

Demikian, semoga dengan adanya artikel dari tim Desain Arsitek Jogja mengenai tips memilih keramik untuk mempercantik interior rumah dapat memberikan manfaat untuk anda khususnya yang sedang kebingungan mencari keramik terbaik untuk rumah baru anda.

Sumber : dari berbagai sumber.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *