Tips Mendesain Kamar Tidur Mungil Minimalis

Mendesain kamar tidur yang berukuran kecil (mungil) memiliki sebuah tantangan tersendiri. Hal ini akan menjadi lebih sulit ketika kita memiliki ranjang yang berukuran cukup besar dan memakan banyak tempat untuk ditaruh di kamar tidur. Untuk mendesain kamar tidur mungil ini, anda harus fokus dalam mencari cara dalam memaksimalkan ruangnya dan menjadikan ruang kamar tersebut terlihat lebih besar dan terkesan lebih terbuka.

Berikut akan kami berikan beberapa tips yang bisa menjadikan desain kamar tidur mungil terlihat cantik dan menarik walaupun dengan ranjang berukuran besar yang cukup memakan tempat di ruangan tempat tidur anda.

1. Pencahayaan Ruangan
Memilih warna dinding yang tepat dalam dekorasi kamar tidur kecil adalah kuncinya, salah satu trik yang membuat ruangan atau kamar anda terlihat lebih luas dan terbuka. Anda dapat memilih warna yang pucat yang dapat memantulkan cahaya keseluruh ruangan, sehinga ruang kamar anda menjadi lebih terang.

Biasanya warna yang cat dinding yang lebih banyak digunakan adalah warna putih, krem, atau putih gading yang memberikan nuansa natural dan dapat memantulkan cahaya dengan baik. Jika anda lebih suka warna-warni yang cerah untuk cat dinding; anda bisa gunakan warna pastel seperti biru langit, pink, mint, ungu dan kuning mentega, yang masih bisa memberikan pantulan cahaya dengan baik.

2. Menghilangkan Furniture dan Aksesories Yang Tidak Penting
Salah satu yang akan membuat ruang kamar anda terlihat kecil, adalah ketika sebuah ruangan sangat banyak terisi oleh furnitur, aksesoris dan barang-barang lainnya. Untuk kamar yang memiliki ranjang besar, anda diharuskan untuk mengeluarkan atau menghilangkan benda-benda yang tidak penting sebanyak mungkin; sehingga ruangan akan terlihat lebih luas.

Anda bisa mulai dengan mengurangi atau menghilangkan furniture yang tidak begitu penting. Sebagai alternatif anda bisa menggunakan furniture yang menjadi satu set dengan ranjang kamar tidur. Untuk perabotan untuk kamar tidur kecil anda bisa gunakan meja yang ada disamping ranjang (side table), lemari (wardrobe), dan furnituer-furniture lain yang berfungsi sebagai hiasan.

3. Memanfaatkan Ruang Vertikal Kamar Tidur
Memanfaatkan ruang yang vertical merupakan langkah tepat untuk kamar yang memiliki ranjang besar. Ada baiknya juga anda memilih lemari yang rendah dan lebar. Kita juga bisa menggunakan lemari slim satu pintu yang tidak memakan banyak tempat.

Rak dinding juga dapat anda gunakan untuk tempat penyimpanan beda-benda kecil atau buku. Sebagai bahan pertimbangan, anda bisa memilih ranjang yang memiliki rak built-in dibagian atas kepala, yang nantinya bisa anda gunakan sebagai tempat untuk meletakkan lampu hias, jam alarm dan benda lainnya.

Kami juga menyarankan, sebaiknya anda tidak meletakkan meja di sisi ranjang. Hal ini dapat memberikan space atau rongga kosong pada kamar tidur anda.

Demikian posting dari tim Desain Arsitek Jogja. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *