Tips Merenovasi Interior Rumah Agar Tidak Kuno

Rumah kita lama kelamaan jika tidak kita tata ulang, maka akan terlihat ‘kuno’ dan tidak ‘up to date’. Bagaimana cara menata interior rumah (merenovasi) yang ‘kuno’ sehingga menjadi segar dan ‘up to date’ kembali? Berikut ulasan tim Desain Arsitek Jogja untuk mengatasi kesan ‘kuno’ pada rumah anda.

1. Memperbarui Rumah dengan Cat
Langkah paling mudah dalam menata ulang rumah adalah dengan memperbarui warna dengan memilih cat yang sesuai. Salah satu cat yang ‘abadi’ adalah warna putih, karena dapar memberi kesan luas dan dapat menonjolkan furniture anda.

2. Memberi Aksen Pola pada Ruang
Memberi pola pada ruang juga bisa anda terapkan dalam menata rumah anda. Pemberian pola garis-garis akan memberi nuansa modern sehingga rumah anda tidak terkesan ‘kuno’. Memberi lapisan wallpaper juga akan membuat nuansa lain pada ruangan, apalagi jika walpaper motif modern.

Tips-Menata-Interior-Rumah-3

3. Memberi Sentuhan Kayu pada Lantai
Lantai kayu akan memberikan nuansa natural pada rumah anda. Permadani, lantai, dan keramik, bisa membuat kediaman anda memang terlihat menakjubkan, tetapi dengan sedikit sentuhan kayu, maka rumah anda akan terlihat abadi sepanjang waktu.

4. Memberi Aksesoris pada Furniture
Salah satu aksesoris furniture yang dapat membuat rumah anda terkesan nyaman dan up to date adalah dengan memberi bantal. Bantal dapat anda letakkan pada ruang tamu, ruang keluarga, maupun ruang santai. Bantal dapat membuat ruangan terasa hidup dan segar tanpa perlu mengeluarkan investasi besar. Disamping itu, sarung bantal dapat dengan mudah kita sesuaikan dengan berbagai suasana interior ruang kita.

5. Menambah Koleksi Buku
Menonjolkan koleksi buku anda akan membuat suasana ‘smart’ pada ruangan. Buku tidak akan pernah ketinggalan zaman. Tunjukkan buku-buku kesukaan anda dalam keadaan tersusun di rak pajang, ambalan, atau meja sehingga suasana up to date rumah anda akan terasa.

Tips-Menata-Interior-Rumah-4

6. Memajang Karya Seni
Memajang karya seni (lukisan, guci, pot kecil, tanaman, dll) akan membuat rumah adan up to date dan tidak ketinggalan jaman. Anda harus memastikan setiap bagian di dindingnya terisi oleh benda yang anda sukai sehingga kesan kuno akan hilang.

Tips-Menata-Interior-Rumah-2

7. Minimalkan Teknologi
Semakin banyak menginvestasikan teknologi (misal televisi) untuk menjadi furniture pada ruangan anda, maka akan semakin besar kekecewaan anda saat teknologi televisi terbaru muncul. Jika memang ingin ruangan tetap terlihat segar, ada baiknya anda meminimalisir meletakkan teknologi di dalamnya. Anda dapat meletakkan televisi di ruangan lain misal ruang santai.

Selamat mendesain dan menata ulang rumah anda. Salam. (dari berbagai sumber)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *